Nabung Biaya Umroh 2 Orang Mulai Rp150 Ribuan per Hari, Ini Caranya

Nabung Biaya Umroh 2 Orang Mulai Rp150 Ribuan per Hari, Ini Caranya

Inspirator-rakyat | Setelah dua tahun lebih terbatas karena pandemi, kesempatan ibadah umroh di Tanah Suci kembali terbuka luas. Smart Investor yang memiliki niat pergi umroh ke Tanah Suci bisa mengumpulkan biaya umroh dengan menabung. Bukan menabung biasa, tetapi dengan reksadana syariah yang halal dan berpotensi memberikan imbal hasil.

Agar semakin mudah mengumpulkan biaya umroh, Smart Investor bisa menggunakan fitur Bareksa Umroh di super app Bareksa. Tabungan Umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel dengan rencana Tabungan hingga tiga tahun, (13/9/2022), lansiran Bareksa.com tahun lalu.

Dengan fitur Bareksa Umroh di super app Bareksa, Smart Investor bisa dengan mudah memantau dan menambah jumlah Tabungan Umroh di mana saja kapan saja.

Simulasi Tabungan Umroh Cara membuat Tabungan Umroh di Bareksa sangat mudah. Bahkan, sudah ada simulasi yang memperkirakan hitungan biaya umroh untuk jangka waktu hingga tiga tahun. Tabungan Umroh dengan reksadana syariah ini tidak mengikat, harga paket hanya sebagai ilustrasi untuk menjadi target dana yang ingin dicapai.

Investor bisa membuat simulasi mulai dari jumlah jemaah, target waktu pencapaian, dan target paket umroh yang ingin dibeli. Sesuai detail yang dipilih, akan muncul estimasi biaya, dengan asumsi kenaikan harga 3% per tahun. Dari simulasi itu, ada hitungan perkiraan nabung/dana yang perlu disiapkan per bulan.

Sebagai contoh, investor ingin menyiapkan biaya umroh untuk dua orang dan target mengumpulkan semua biaya umroh pada September 2023 atau 12 bulan mendatang. Perkiraan biaya umroh yang ingin dicapai adalah Umroh Series Makkah 9 Hari dari Khalifah Tour dengan harga paket umroh Rp28,9 juta per orang, atau total biaya umroh dua orang Rp57,8 juta.

Dengan asumsi kenaikan harga sekitar 3% per tahun, estimasi biaya umroh untuk dua orang pada 2023 mencapai Rp59,56 juta. Maka, dengan target tersebut, investor perlu menabung rutin sekitar Rp4.795.730 per bulan atau setara Rp150 ribuan per hari selama 12 bulan.

Angka perkiraan hasil Tabungan Umroh dengan reksadana syariah bisa lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan bank.

Mengapa hasil menabung reksadana syariah bisa lebih tinggi daripada tabungan di bank?

Reksadana yang digunakan dalam Tabungan Umroh di Bareksa Umroh adalah reksadana pasar uang syariah. Reksadana pasar uang adalah reksadana yang berinvestasi dalam instrumen pasar uang, termasuk deposito dan obligasi dengan jatuh tempo kurang dari setahun.

Adapun reksadana syariah adalah reksadana yang hanya dapat berinvestasi di efek keuangan yang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah, dan tentunya masih terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Reksadana syariah mendapatkan imbal hasil dari pertumbuhan nilai aset-aset dalam portofolionya. Imbal hasil ini sudah bersih tidak dipotong pajak atau biaya admin bulanan lagi.

Selain itu, imbal hasil reksadana syariah halal dan bukan riba. Sebab, reksadana syariah sudah mendapatkan fatwa atau opini sesuai syariah dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Keuntungan Tabungan Umroh di Bareksa Umroh

1. Pasti Aman
Uang tabungan umroh milik investor akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa.

2. Layanan Lengkap
Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

3. Serba Online
Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

4. Terpercaya
Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

5. Sesuai Syariah
Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

6. Fleksibel & Potensi Imbal Hasil
Menambah (top up) tabungan tidak mengikat, karena investor bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabungan umroh berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Perlu juga diketahui bahwa Tabungan Umroh menggunakan harga paket umroh dari mitra travel agent sebagai ilustrasi untuk mencapai target nilai tabungan, tetapi tidak mengikat pada pembelian paket umroh. Maka, ketika target biaya umroh sudah terkumpul, investor akan dikonfirmasi untuk mencairkan reksadana dan membeli paket umroh. ​(hm)

K/L : Sandi / Muhammad Ali SH

E : Musafir Muin 

Tinggalkan Balasan